Monday, January 12, 2015

Perbedaan Emak-Emak dan Ibu-Ibu

Apa sih beda nya emak-emak dan Ibu-ibu?
Itu semua menurut gw adalah misteri bahasa yang diciptakan Tuhan untuk didalami secara mendalam sedalam-dalamnya.
Jadi kali ini gw akan membahas tentang perbedaan "Emak-emak" dan "Ibu-Ibu"..

NOTE THAT : TULISAN INI HANYALAH TULISAN DENGAN UNSUR FUN YANG JANGAN DIAMBIL HATI. BACALAH DENGAN OTAK, JANGAN PAKAI EMOSI 

Sebelumnya gw bertanya dahulu ke adek gw yang masih duduk di kelas 4 SD sekarang.

***

Gw : Ki (Panggilan gw ke adek gw), apa beda nya emak-emak dan ibu-ibu?
Adek Gw (AG) : *mikir sejenak* beda kata-katanya kak.
Gw : *gw menghela nafas, susahnya punya adek agak rada-rada otak herp* Ya iyalah, selain itu?
AG : Kalo Emak-emak itu ibu-ibu yang tinggal nya di kampung, kalo ibu-ibu itu yang nggak terlalu kampung.
Gw : ......

***


Setelah gw melakukan penelitian, dan gw yakin sudah teruji di ITB dan IPB, maka gw mengambil beberapa kesimpulan ilmiah demi memecahkan perbedaan Emak-emak dan Ibu-ibu. Kata Emak-emak dan Ibu-ibu tolong jangan dipecah sendirian menjadi EMAK saja atau IBU saja. Karena konotasi nya berbeda.

2 Kesimpulan yang gw dapat bisa kalian baca di paraghraf berikut :

1. Bentuk yang "sedikit" berbeda

Emak-emak

ini bukan emak-emak, tapi nenek. Kalaupun emak, emaknya si brewok di foto itu

Ini Ibu-ibu, makanya kalo ibu ini jaga warung, dipanggilnya ibu-ibu warung, bukan emak-emak warung. 

kalo ini "Ummi", beda kan bentuk dan parasnya. AWAS DIA SUDAH PUNYA SUAMI!

2. Deskripsi yang berbeda sedikit namun pasti

Emak-emak : Wajah sewaktu muda dan saat sudah "tidak muda" (aku ingin pakai kata Tua, tapi nggak tega) berbeda lumayan jauh. Entah apa yang menyebabkan emak-emak's face bisa berbeda jauh dibandingkan ketika ia masih gadis belia. Tubuhnya juga sudah berisi (Tubuhku dulu, tak begini, la la la la ) alias G*MB*OT (kata sengaja disensor). Jilbab nya pun (kalau ia makai jilbab) akan memperlihatkan dengan jelas apa arti "berisi" itu. Kalau punya perhiasan, make nya berlebihan. Wajah sumringah bak putri raja, padahal sih kagak.

Ibu-ibu : kulitnya mulai terlihat kerutan, karena dimakan usia. Jilbab yang sederhana. Tubuhnya dibalut oleh pakaian sederhana yang mulai kehilangan warnanya (tidak semua). Paras wajah muda nya masih tampak terlihat padanya, seakan umur berjalan lambat pada anggota tubuhnya.

 *** 

Jadi kalo disuruh milih EMAK-EMAK atau IBU-IBU, mana yang kalian pilih?



Kalo gw sih, gw milih yang masih gadis la :), dan tentunya harus Jilbab Lebar PKS *plak*
Yang pasti, di sepanjang doa gw (lebay), gw berharap Calon Istri gw di masa depan nggak evolusi jadi emak-emak, juga nggak jadi ibu-ibu, tapi jadi Ummi :p

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty