Monday, October 15, 2012

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan dzulhijah bakal ana bahas disini. Insya Allah bulan Dzulhijjah mulai hari Rabu tanggal 17 Oktober 2012. So, jangan sampe kita ga dapet keutamaan bulan ini.

1. Dzulhijah termasuk Asyhurul Hurum

“Setahun ada 12 bulan, di antaranya terdapat 4 bulan haram: tiga bulan berurutan yaitu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharam, dan (satu bulan sendiri yaitu) Rajab Mudhar yang berada di antara bulan Jumadil (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari No. 3025 dan Muslim no. 3179)


2. Anjuran Banyak Ibadah Pada Sepuluh Hari Pertama (Tanggal 1-10 Dzulhijjah)

“Tidak ada amal yang lebih afdhal dibanding amal pada hari-hari ini (10 hari Dzulhijjah).” Mereka bertanya: “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak pula oleh jihad, kecuali seseorang yang keluar untuk mengorbankan jiwa dan hartanya, lalu dia tidak kembali dengan sesuatu apa pun.” (HR. Bukhari No. 969)

3. Shaum ‘Arafah (Pada 9 Dzulhijjah)

Nabi ditanya tentang puasa hari ‘Arafah, beliau menjawab: “Menghapuskan dosa tahun lalu dan tahun kemudian.” (HR. Muslim No. 1162)

4. Shalat Idul Adha dan Menyembelih Hewan Qurban

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2)

5. Tidak Berpuasa pada Hari Raya (10 Dzulhijah) dan hari Tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah)

Hari ‘Arafah, hari penyembelihan qurban, hari-hari tasyriq, adalah hari raya kita para pemeluk islam, itu adalah hari-hari makan dan minum. (HR. At Tirmidzi No. 773)
 
_Dikutip dari fimadani.com

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty