Tuesday, March 8, 2011

Waktu Manusia


Berapa jam yang ada dalam sehari? Berapa pula menit dalam waktu sejam? Dan terakhir, berapa banyak detik dalam semenit? Mungkin pertanyaan ini sudah dapat kita jawab di luar kepala. 24 jam, 60 menit, dan 60 detik, mudah dan cepat, pertanyaan SD.


Kalau begitu, mungkin saya akan menambahkan satu pertanyaan lain. Berapa banyak manusia yang membuang waktunya dalam waktu sehari itu? Actually, saya tidak memakai kata “Memanfaatkan”, saya malah menggantinya dengan kata membuang. Karena pernyataan negatif akan lebih cepat melekat di otak manusia dibandingkan dengan kata-kata penyemangat positif.


Kita mulai dari saat bangun tidur. Berapa waktu yang anda pakai untuk tidur dalam sehari? 8 jam? Atau lebih dari 8 jam? Atau mungkin lebih kurang dari itu? Kalau begitu mari kita ambil asumsi waktu yang terpakai untuk tidur sekitar 7 jam.


Berikutnya, berapa waktu yang anda pakai untuk menunggu sesuatu( seperti menunggu angkutan umum, mobil yang dipanaskan, atau menunggu antrian mandi, atau mungkin bengong merenung dan sebagainya)? Mari ambil kembali asumsi 4 jam.


Berikutnya, berapa waktu yang dipakai untuk mengobrol ngalur ngidul atau berkata – kata yang tidak jelas? Waktu yang dipakai untuk menggunjing atau mengumpat? Satukan seluruhnya dalam satu group. Dan Ambil kembali asumsi untuk melakukan perbuatan itu selama 2 jam.


Kalau semua perhitungan itu mendekati keakuratan, maka dapat kita pastikan bahwa selama 13 jam itu kita tidak mendapatkan apa-apa atau tidak bermanfaat. Waktu hanya terbuang seperti angin lalu, tanpa adanya hal yang diperoleh dari waktu yang terbuang itu.


Bagaimana dengan sisa waktu yang 10 jam? Hanya anda yang tahu sendiri…


Renungkan sejenak. Janganlah tulisan ini menjadi penyemangat sementara saja. Hidup manusia yang sementara janganlah menjadikan ingatan kita menjadi sementara. Jadikan waktu yang kita manfaatkan semakin berarti. Berubahlah! Sebelum waktu menghimpit kita dalam kegelapan yang pekat. Hingga kita tak sadar akan pentingnya waktu, before it’s too late….

2 comments:

Your Comment is Our Order, Your Majesty