Thursday, April 17, 2014

PLURALITAS VS PLURALISME

Dikutip dari akun facebook Jonru

Islam mengenal dan mengakui pluralitas, tapi Islam tidak mengakui dan mengharamkan pluralisme. Apa bedanya?
Pluralitas adalah KONDISI keberagaman. Kita menghargai perbedaan. Orang Jawa dan Sunda itu beda. Orang Islam dan Kristen itu beda. Orang India dan Australia itu beda. Kita menghargai perbedaan, tapi TETAP JADI DIRI SENDIRI.
Ketika kita menghargai orang India, bukan berarti kita ikut2an seperti orang India. Ketika seorang muslim menghargai orang Kristen, bukan berarti ikut2an seperti orang Kristen. Misalnya, ikut2an merayakan Natal.
Sedangkan pluralisme adalah aliran yang mengangap semua agama sama. Semua agama itu baik dan mengarah ke Tuhan yang sama. Ini adalah aliran sesat, bertentangan dengan Islam.
Bahkan agama2 selain Islam pun tidak sesuai dengan ajaran Pluralisme. Tengoklah ajaran Kristen. Pada agama mereka terdapat dogma, "Hanya orang yang mengakui Yesus yang akan masuk surga."
Dogma ini menjadi bukti, bahwa dalam ajaran Kristen pun tidak dikenal adanya pluralisme. Mereka pun tidak setuju bahwa semua agama itu sama. Sebab bagi mereka, yang berhak masuk surga hanyalah orang2 yang mengakui Yesus.
Nah, orang2 liberal adalah manusia2 yang mengaku intelek, padahal membedakan pluralisme dan pluralitas sendiri pun mereka sering kebingungan. Tak tahu di mana bedanya.
Begitulah.
NB: Semoga bacaan bagus ini bermanfaat bagi kita semua dalam membedakan pluralisme dengan pluralitas:
1. http://chirpstory.com/li/166509
2. http://mediaislamnet.com/2010/03/pluralitas-vs-pluralisme/

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty