Sunday, October 23, 2016

NAMBAH UTANG HANYA UNTUK BAYAR BUNGA UTANG.. NYESEK GAK SIH?

NAMBAH UTANG HANYA UNTUK BAYAR BUNGA UTANG.. NYESEK GAK SIH?
Kalau lihat berita yang muncul dimana-mana tentang kondisi keuangan negara kita pasti ikut nyesek! Tahun depan Indonesia harus membayar bunga utang sampai 221 Trilyuunn! Hei baca lagi.. itu hanya BUNGA-nya saja, belum pokok utangnya.. hedeeh! Kalau mau tau duit segitu ditulisnya gini: Rp. 221.000.000.000.000!! Bunganya saja... ooooh romantisss!
Makanya mentri keuangan yang sekarang 'galak' soal anggaran ya wajar saja. Pangkas anggaran sana-sini, tinggal para kepala daerah yang ketar ketir kalo jatah dari pusat dipangkasss terus.. program mereka bakal berantakan, kecuali daerah itu punya sumber daya lokal yang bisa nutup semua pengeluaran.
"Solusinya apa mas?"
Saya juga gak tau. Saya bukan pakar ekonomi nih.. itu utang sudah numpuk sejak puluhan tahun dari presiden-presiden sebelumnya.. bukan utang satu dua bulan.
"Terus maksudnya nulis ini? Komplain doang?"
Enggak kok, cuman mau ngajak intropeksi kalo itu terjadi di bisnis kita.. nambah utang hanya untuk bayar bunga utang! Pernah ngalamin?.. saya pernah!!
"Naah.. kalo ini solusinya apa mas?"
Oke dengerin.. kita mulai!
Yang bisnisnya sudah terjerat utang bertahun-tahun, apalagi utangnya penuh riba pasti merasakan hal ini:
1. Uang gak pernah kumpul, tiap bulan hanya lewat aja. Dapat duit sih kayaknya, tapi ludes lagi buat bayar cicilan dan bunga.
2. Hati gak pernah tenang, yang dipikir adalah bayar cicilan. Bukan lagi mikir pengembangan usaha dan inovasi, tapi mikir biar cicilan gak telat, biar gak ditelpon atau didatengin orang bank.
3. Ibadah gak pernah khusuk, bener deh kalau utang riba itu bikin linglung gak bisa berdiri kayak orang kemasukan syaitan dan tekanan penyakit gila (Al Baqarah 275), tiap sholat bayangan angka-angka tagihan selalu terbayang.
4. Terhina di siang hari dan gelisah di malam hari. Terbayang wajah debt collector siang malam.. Tiap ada motor berhenti di depan rumah hati langsung MAKDEG! Tiap ada telpon di HP nomer gak dikenal takut ngangkat.. kalau diangkat pas dari orang bank tiba-tiba kayak orang gagu.. ak ik uk.. aak iik uuk!
Fiuuuuuhhh!!
"Terus gimana mas solusinyaaaaa!!"
Sabar dul..
Baru mau ngetik nih..
Solusinya?
1. Taubat! Ini yang paliiiiiiing dasar dan paling utama! Minta ampuuun sama ALLAH karena udah berani mainan riba yang dilaknat oleh ALLAH. Mau sholat taubat tiap habis sholat fardu juga boleh! Mau istighfar 1000 kali sehari juga boleh, intinya minta ampun sama ALLAH. Pokoknya perbaiki ibadah total.
2. Berazzam (bercita-cita dengan sungguh-sungguh) utang lunas. Buktikan dengan sumpah tidak mau membuka akad riba lagi. Dari bank menawarkan restrukturisasi jangan mau, jadi utangmu diperpanjang waktunya, cicilannya lebih kecil tapi mundur lagi 3 tahun jangka waktunya, jatuhnya nanti lebih mahal.
3. Menutup akad-akad riba yang pernah terjadi, walaupun belum lunas. Misal kartu biang bangkrut, kartu kredit.. potong semua sekarang juga, belum lunas gakpapa. Tapi dengan memotong kartu itu berarti pintu riba sudah tertutup, kamu gak bisa memakainya lagi. Mau ada tawaran cicilan HP 0% teteep anteeeng aja gak ngefek, kan yang buat nyicil dah gak ada.. naah sambil jalan selesaikan deh satu-satu tagihan yang tersisa. Mulai dari tagihan paling kecil, bereskan! Lanjut ke tagihan-tagihan lainnya.
4. Lihat asset-asset yang ada dibisnismu, mana yang bisa dijual cepat dan tidak produktif ya jual saja, gak usah sayang-sayang. Bahkan jika ada bahan baku yang mandeg terlalu lama jual juga, produk jadi yang numpuk lama gak laku. Jual juga! Obral gakpapa! Pokoknya semua yang bisa dijadikan duit ya jadikan! Uangnya buat membayar pokok utang.
5. Efisiensi semua hal, jika ada pos-pos yang boros di usahamu saatnya diamputasi, bahkan jika ada pemborosan karyawan ya terpaksa dirumahkan, mana mungkin kamu membayar gaji 10 orang tapi hasilnya sama dengan jika dikerjakan oleh 7 orang. Naah kamu harus lakukan analisa sendiri diusahamu! Kalau perlu kamu terjun langsung lagi, gak usah malu gak usah gengsi. Kerja lagi bareng karyawan lainnya demi efisiensi.
6. Tambah ilmunya! Kumpul di komunitas wirausaha. Ikuti seminar-seminar dengan ilmu baru, praktekkan! Jangan puas dengan yang sekarang.. bahaya kalau terlena. Ada kawan punya warung dengan omzet 60 juta sebulan, dia santai saja.. sampai dikasih tau temannya dengan cara A,B,C,D maka bisa naik dua-tiga kali lipat. Dia hajarrrrr habis-habisan ilmunya itu, capek iya.. kesel iyaa.. tapi hasilnya? Dalam sebulan omzetnya naik jadi 150 juta! Tanpa nambah warung.. hanya nambah 3 karyawan saja! Ayo belajar! Gaul! Banyakin ilmunya!
7. Lakukan bisnis lain! Bagi waktu yang 24 jam ini, kurangi tidur 6 jam, masih ada 18 jam untuk mencoba hal-hal baru. Bisa jadi marketing (makelar is everything), jual produk orang lain! Gak usah mikir produksi.. produk udah jadi kok! Kamu tinggal jual.. jual.. jual.. jual.. jual! Jual! ambil untungnya untuk bayar utang yang masih ada!
8. Tunda semua kesenangan! Walaupun dapat uang berlebih karena omzet naik jangan tergoda untuk beli hal-hal yang gak urgent dan gak dibutuhkan! Ini hanya godaan keinginan! Pokoknya tiap dapat uang bayar buat bayar utang.. titik!
9. Banyakin sedekahnya, dekati anak-anak yatim dan duafa, kamu tidak pernah tau dari mulut siapa doamu akan dikabulkan.. banyak kawan-kawan yang ngasih testimoni, mau jual asset gak laku-laku, tapi setelah rutin ngasih makan anak-anak yatim dan orang miskin, tiba-tiba ada orang yang datang membeli rumahnya atau mobilnya, cash! Tanpa ditawar!
10. Doa orang tua. Terutama ibu.. sungguh powerfull! Minta doa dari mereka, kalau perlu cium kaki mereka.. dulu kita masih bayi belum tau apa-apa, belum punya beban utang, mereka yang melindungi kita, balik lagi ruh kita ke masa bayi.. minta doa mereka agar sekarang menguatkan ikhitiar bebas utang!
Daah itu urutan caranya! Jangan lupa selalu jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu.. nih ayatnya!
"Jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu" (Al-Baqarah:45)
Sabaaar.. mainan riba 5 tahun, baru taubat 1 bulan minta semua cepet beresss! Ya ambil kaca deh biar tau diri.. nikmati prosesnya biar taubatnya makin manteb! Makin dekat dengan ALLAH
Sholaaaatt!
denger adzan sholat..
denger adzan sholat..
denger adzan sholat..
Yang Maha Pemilik Solusi sudah manggil, masak kamu terus mau cuekin? Ya gak bakal selesai-selesai masalahmu kalau terus bersandar ke makhluk!
Bersandar total ke ALLAH sadja!
Daah gitu yaaa!
Sudah ribuan orang yang membuktikan bisa hidup tenang tanpa utang...
Kamu kapan?
@Saptuari

================================================== 
Jangan menunda
Jangan banyak membuat alasan
Jangan mudah percaya

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty