Wednesday, March 26, 2014

IDE GAME ITU PENTING APA NGGAK SIH?

Dah cukup lama gw ngga nulis dan update blog gw karena gw agak-agak sibuk belakangan ini. So i am very sorry for inconvenience, thank you.
Jadi kali ini gw mau bahas mengenai salah satu topik mendasar dalam pembuatan game,

"IDE ITU PENTING APA NGGAK SIH?"

Ide dalam pembuatan game itu sebenarnya penting atau nggak?. Mari coba liat skenario nya :

A = temen gw. 
L = gw.
L dan A terlibat dalam suatu percakapan.
A : fan, lo kan sering buat game. Banyak pengalaman tuh. Buat game yuk bareng gw. gw punya ide nih.
L : Lo bisa ngoding?
A : Nggak.
L : Lo bisa desain asset?
A : Nggak.
L : <Ya Allah, dosa apa gw hingga engkau mengirimkan ciptaan mu tanpa pemikiran> Terus yang lo bisa apa?
A : Ide gw keren dah pokoknya. 
Gw bunuh lo!

Idea are worthless man. Seriously. Setiap orang punya banyak ide. Gw juga punya ide, tukang bubur juga punya ide, satpam punya ide, dosen gw punya ide. I mean, every people always have ideas in their mind. So please, idea are useless.
Yang lebih penting dibandingkan idea adalah eksekusi untuk mewujudkan ide tersebut.
Lo punya ide, nggak bisa eksekusi ide tersebut? Ya udah, silahkan gigit jari teman disebelah anda.
Ide vs Execution
Ide memang memiliki peran, namun peran itu terlalu kecil dibandingkan eksekusi untuk mewujudkan misi dari ide tersebut.
Coba kita lihat dalam realita, apa yang akan ditawarkan kepada customer anda?
1. Apa anda akan menawarkan IDE?
2. atau anda akan menawarkan PRODUCT dari eksekusi idea anda?

Jelas kan ya? Jadi kalo ada yang bilang idea itu penting, thats bullshit man. Eksekusi ide tersebut lebih memegang peranan besar dalam pembuatan game.
Ada video menarik di youtube : https://www.youtube.com/watch?v=OfWiRXZasQE
Silahkan di lihat dan topiknya kebetulan similar sama yang gw bahas.
Atau bisa lihat di bawah



Ya gitu aja deh.
"Nobody Cares with your idea, they only care with your result from that idea itself"

Good luck and see you next time.

Luthfan.


Nb : By the way, gw lagi ngerjain proyek game gw buat google play pake libgdx. Doain moga selesai.
Dan mohon doa untuk kelancaran dokumentasi skripsi gw, semoga april ini kelar dan gw bisa sidang. Haha..

Males deh..



No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty