Saturday, December 12, 2015

Catatan Singkat - Minjam Uang Nggak Ganti? Kok Bisa?




Kapan terakhir kali gw percaya dengan orang lain?
Seingat gw, terakhir kali gw percaya dengan orang lain adalah saat SMP kelas 2. Setelah itu gw tidak percaya dan selalu negatif thinking terhadap orang lain.
Dan sekarang, yaitu masa-masa kantor, di umur 22 tahun, ketika gw memulai untuk kembali percaya dengan orang lain, kepercayaan itu direnggut cuma-cuma.
Kenapa kepercayaan itu bisa hilang lo tanya?

Karena adanya pengkhianatan.
Janji yang tidak dilaksanakan.
Ucapan dusta.

Jadi begini ceritanya.
Catatan mungkin gw sedikit sebar rahasia alias aib salah seorang manusia. Tapi itu adalah kesalahannya. Gw akan nulis disini agar bisa dibaca dan abadi selamanya di internet hatta yaummul qiayamah.
Walopun dia ganti, gw nggak bakal hapus tulisan ini.
Perasaan yang gw tuang dalam tulisan ini, waktu yang gw habiskan buat nulis ini, nggak bakal ada gantinya.

The Story begin...

Ada seseorang di kantor gw berada sekarang, bank negara Indonesia alias BNI. Secara wajar, hubungan gw dan dia baik-baik saja sebagai rekan kerja. Tidak ada masalah sampai...

UNTIL HE FUCKING AROUND ME AS HE BORROW MY MONEY AND NOT GIVE IT BACK AND KEEP GIVE FUCKING REASON FULL OF BULLSHIT.

gw artiin deh. Dia minjem uang gw dan dia "tidak" mau mengembalikan serta terus banyak ngasih-ngasih alasan.
Omong kosong banget.yeah, full of bulshit
Berapa yang gw kasih pinjem ke dia? 4.550.000. Btw, kurs dalam rupiah ya.

Terus kok bisa-bisanya gw kasih pinjem ke dia?
*iya kok bisa fan kamu kasih ke dia?*

Karena dia butuh uang buat orang tuanya (kata dia). Dia ngomong kalo orang tuanya sakit, dan dia harus balik ke semarang dan butuh uang untuk itu, sampe nangis-nangis. Nangis nya nggak kejer dan kejang2 sih, yah pokoknya gitu dah, nangisnya laki-laki gimana sih. Lo kalo laki pasti tahu.
Laki minum extra j**s - eh -

Lalu yang buat gw ngasih lagi adalah, dia janji bakal ganti tanggal 10 desember lalu. Yang mana dua hari lalu (dimana notabene nya gw nulis ini di hari sabtu tanggal 12). Dan satu lagi, dia bersumpah dengan nama Allah.
Wallahi (Demi Allah) bakal ganti tanggal 10, he says.
Tapi nyatanya? Bullshit.

Gw heran. Begitu pentingnya kah sumpah itu. Sumpah untuk membuat lawan bicara nya yakin!? Sorry gw bakal bawa-bawa hukum agama Islam dulu disini. Sumpah yang membawa nama Allah di dalam kata-katanya? Sumpah dengan membawa nama Allah adalah sesuatu yang harus dilaksanakan. Absolut 100 % harus dilakukan. Dan juga berdusta. Bilang mau ganti tanggal 10, nyatanya nggak. Mungkin juga orang tuanya nggak sakit juga dan itu cuma alasan-alasan lainnya agar gw mau minjemin uang ke dia.
Ciri-ciri orang munafik : Berkata dia berdusta, berjanji dia mengingkari, amanah dia mengingkari. Dia sudah melakukan dua ciri tersebut, dapatkah gw golongkan dia termasuk munafik itu?
Gw boleh kan?
Maksud gw, EMANG BENER KAN?
Allah juga nggak bakal natap orang yang banyak bersumpah dengan membawa nama-Nya di akhirat kelak.
dalam surat Al Qalam ayat 10 : "Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina".

Dunia ini emang permainan. Orang yang terjebak dalam permainan itu akhirnya kalah dan akan melakukan apapun bahkan merugikan orang lain. Harta, jabatan, dan wanita (lawan jenis) adalah jebakan bagi laki-laki.

Gw pikir, ketika umur lo sudah lebih dari 30 tahun, maka lo bakal lebih dewasa. Tapi nyatanya enggak.
Ini kasusnya.
Harusnya sih dia malu.
Gw aja malu kalau minjam orang terus nggak ganti. Apalagi kalau gw udah janji tanggal yang gw ucapin bakal bayar, tapi terus nggak gw bayar. Buset dah.

Hutang itu beban, beban di dunia, beban di akhirat.
Siapa sih yang tahu waktu meninggal? Kalau seandainya meninggal saat mempunyai hutang? Tersiksa udah.
Gw rasa bakal ketahan di akhirat dan mungkin di jeblosin ke neraka kalo yang dihutangin nggak ikhlas.
Kalo membunuh itu nggak dilarang agama kecuali jihad, membela diri dan untuk agama, mungkin orang itu bakal gw cabik-cabik kali. Masuk penjara okelah kalo bisa.  Tapi agama memang diletakkan lebih dulu daripada harta, jadi gw nggak bisa seenaknya.

Lagipula kok bisa dia minjem duit sama gw. Gw baru kerja 5 bulan lho. 5. Lulus kuliah, terus gw kerja 5 bulan.Terus ada orang yang tiba-tiba pinjem sama lo? Weird kan. Fucking Weird...

Salah gw juga nggak mikir rasional. Fak myself.
Seharusnya gw mikir kok bisa dia pinjam sama gw. Gw yang masih baru dalam pekerjaan.
Owh, mungkin dia mikir karena gw masih baru, polos, terus bisa dibegoin kali.
Oh oh. Jadi gitu..
Emang banyak orang brengsek di dunia ini.Gw kadang suka lupa itu.
Lo nggak bakal langsung tahu, walopun lo awalnya "berteman" dengan dia.
"The only one you can trust, only yourself". Gw lupa quote ini. Tapi sekarang gw inget lagi.
Dan seharusnya gw harus juga berterima kasih, karena dengan hal seperti ini, gw jadi berpikir lebih dewasa dan NGGAK BAKAL ngelakuin kebodohan sama di masa depan.
Brengsek...
Bajingan...

Awalnya emang gw juga nggak mau kasih. Orang 4,5 itu duit terakhir gw. sisa 50.000 yang gw pegang saat ini. Dan barusan gw pake 5000 buat beli jeruk nipis. Dia ngiba sama gw. Nanti gw mau lihat hari senin, iba nggak dia sama kondisi pinch gw sekarang?
Taruhan, dia pasti nggak bakalan iba. Dan tetep ngasih alasan-alasan lain.
Maunya apa sih ni orang? Heran asli.

Sebenarnya sih hari jumat kemarin gw dah confront dia buat ganti uang gw. Terus dia ngasih alasan kalo nunggu duitnya. Pas sebelum magrib gw tanya, katanya nunggu bokapnya nganter duitnya (nggak ngerti gw hubungannya apa. Wong bayar hutangnya transfer bukan cash, ngapain nunggu bokapnya coba, emangnya mau ke bank dulu. Orang jam segitu juga dah tutup bank-bank).
Dia juga ngomong kalo saat itu hujan. Emag bener sih hujan. Gw yang masih di kantor aja tahu soalnya gw pulang ujan-ujanan. Tapi nih, tapi ya.. Kalo lo niat ganti, gw yakin hujan pun bakal lo lewati.
Terus dia mau transfer kemarin jumat malem, kan rekenin gw bca ya, gw bilang ke dia kalo jangan transfer lebih dari jam 9, karena emang kan jam segitu bca offline. Eh dia malah bilang kalo bca itu offline nya jam 10. Bangsat nggak tuh? Mungkin dia niat transfer lebih dari jam 9 terus konfirm ke gw kalo dah transfer. Terus mungkin dia bakal upload struck palsu yang udah dia edit (hayalan gw doang sih, tapi ya asumsi aja). Gw nggak mau dibegoin lagi dong!? Langsung aja gw bales kalo bca tuh offline jam 9.
Nggak tau dia kalo gw itu mantan online seller. Dikira gw nggak pengalaman apa.
Wong gw hikikomori dulu kok sebelum kerja di BNI, yah gitu, ngurus mimpi gw buat bikin startup..Dan jualan online tentunya. Jadi gw tau kalo BCA itu offline jam 9 sampe jam 1.

Oh ya, hari sabtu ini, whatsapp jam 9, di read doang. no reply.
dia malu kali.
atau mungkin dia sengaja.
Ah entahlah. Prediksi prediksi are useless.

Hari senin bakal gw confront lagi. Dan gw nggak tahu apa yang bakal gw lakuin. Mungkin gw bakalan snap dan nusuk ni orang, terus gw congkel matanya. Atau mungkin gw bakal jatohin dia dari lantai 11 kali.
Seremnya sh itu, gw ampe kepikiran lagi. Bahaya banget. Jiwa gw sakit...
Kan bahaya kan...
Tapi ya paling gw bakal jelasin kondisi gw yang bener-bener fucking pinch saat ini. Liat aja gmana hasilnya.
semoga sukses dan tidak ada masalah.Dia mungkin mau ngebuang hal bernama kepercayaan demi harta.
Sedih banget.
Kalo nggak diganti ya, seperti gw bilang, dia bakal jadi jaminan di akhirat karena hutang dia ke gw.
gw bakal tuntut dan pindahin dosa-dosa gw ke dia. Keras banget ya? Tapi itulah dunia.

Semoga gw bisa tahan darah panas gw. Darah gw yang mendidih saat gw mengetik ini. Emosi yang muncul saat gw kembali mengingat problem ini. Mungkin Allah sengaja ngasih cobaan ini biar gw sabar mungkin. Ya.. mungkin

Anjing la gw bener2 mau bunuh ni orang. Keknya gw kebanyakan nonton film psikopat..
mungkin karena gw agak rada-rada semi-autis kali.
Ok Stop!!

Hikmah yang bisa gw ambil dan seharusnya bisa lo ambil juga:
1. Orang yang lo kira baik, lo sebenarnya nggak bener2 tau dia, bahkan walau sudah berumur dan dewasa sekalipun (umur 30, 40, dsb dsb). Suatu saat mungkin dia bakal nikam lo dari belakang
2. Stay alert. Waspada untuk segala hal.
3. Jangan bego-bego amat. Ya, jangan kepolosan.Jangan mau dibegoin...

Kalo lo, reader, yang baca tulisan gw. Kira-kira apa yang lo bakal lakuin?

Note that, alasan gw nulis ini agar kegelisahan di hati gw tertuang dalam bentuk nyata, dibandingkan gw melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan.
Lalu, gw nulis ini juga bukan ngarepin belas kasihan lo yang baca!! Sekali lagi, gw cuma mau share ini.

Btw kalo lo mau stalk gw ataupun orang ini, Gw kerja di BNI Landmark, Grup Channel System alias CHS. Oknum nya tentu aja di grup yang sama dengan gw.
Yah, kali aja ada yang baca terus "owh, ternyata ada orang brengsek yang kerja di bni dan masih minjem-minejm uang nggak mo ganti. Gaji nya kurang kali kerja di bank".
Ya gitu aja sih...

Fuck this shit...

Btw monggo yang mau berbagi pengalaman juga tentang ngutangin orang dan dia nggak mau bayar.
Sharing aja dan gimana cara ngatasinnya.
Ty before..

Gw sign out..

2 comments:

  1. ngatasi orang begini? kalau dia tetap tidak mau bayar, jangan pernah iklashin hutangnya (dianggap lunas), biar sampai akhirat dia tetap akan mencari-cari kamu. Karena sekelas syuhada yang mati syahid saja tidak akan masuk surga bila masih ada hutang yang belum terbayar.Lagipula, hidup org yang begini nih enggak akan tenang, rejekinya juga tidak akan berkah, karena masih ada orang yang haknya belum dia penuhi.
    Semoga bertambah ya ksabarannya, dan ada rejeki baru menggantikan uang yang dihutangi.
    Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah kenapa pas saya baca kata-kata "semoga bertambah kesabaran", rasanya sakit banget di perasaan.

      Amin bu. semoga ada rezeki yang menggantikan.

      Delete

Your Comment is Our Order, Your Majesty