Sunday, January 5, 2014

ALFAMART KORUPSI UANG KEMBALIAN SAYA

belanja puas, harga pas, kembalian ngga balik


dari judul diatas sebenarnya sudah dapat ditangkap isinya, yaitu alfamart "korupsi" uang kembalian saya.
jujur saya tertarik untuk menulis tentang ini sekaligus mengingatkan kepada para konsumen alfamart(dan saingannya, indomart) untuk waspada hal ini.
ceritanya begini, hari ini minggu tanggal 5/1/2014 saya berbelanja makanan ringan di alfamart yang dekat rumah saya. saya berbelanja total 28.800 dan menyerahkan uang sejumlah 50.000. Seharusnya kembalian nya 21.200, entah kenapa kembalian yang saya dapatkan "kurang" 200 perak. Saya baru sadar saat sampai di rumah dan megeluarkan uang kembalian saya, kurang 200.
200 perak memang terlihat bukan jumlah yang luar biasa, namun jika satu orang saja tidak mendapatkan kembalian 200 perak, bagaimana dengan 5 orang atau lebih?
Entah ini kesalahan kasir atau memang atasan dari alfamart memberikan arahan agar setiap konsumen yang memiliki sisa kembalian <500 tidak dikembalikan, entah dengan dalih recehan tidak ada atau karena jumlah yang terlihat sepele.
Jika tidak memiliki kembalian recehan, lebih baik tidak usah berjualan atau membuka gerai-gerai toko yang menjamur di tiap wilayah! ini jujur memuakkan.
Kalau mereka bilang untuk sedekah, infaq atau biaya charity dan sebagainya,saya lebih baik tidak memberikan "sedekah" melalui uang kembalian. Lebih baik saya sedekah/infaq langsung di masjid. Lebih jelas arahnya kemana dan akan jadi amal di akhirat kelak.
Serius saya kecewa, namun semoga uang 200 perak itu menjadi amal saya kelak  Dan pihak-pihak yang terkait dengan hal ini semoga saya dapat meminta pertanggung jawaban mereka, entah di dunia atau di akhirat kelak. Bukan dendam, tapi jujur saya benci hal-hal korupsi kecil seperti ini. Merusak nurani.
Waspada terhadap hal-hal seperti ini. Walau terlihat sepele, namun kenyataanya hal ini merupakan korupsi tingkat kecil di sekitar anda.
Untuk kejadian berikutnya, saya akan secara tegas meminta kembalian. Walau 100 perak atau 50 pun.
Trust me...

Bukti Screenshot:

struk kembalian

uang kembalian



M Luthfan M

          

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty