Sunday, December 8, 2013

Masih Mau nonton Televisi? Matikan sekarang!

saya copas dari facebook :

 
Copyright Mice cartoon





ane orang media juga, cuman ane gak kerja di stasiun TV, ane kebetulan punya PH sendiri. Ini beberapa cerita yang ane sempat denger waktu ngobrol ngobrol ama temen temen ane yang anak2 TV atau PH yang kerjasama ama TV (untuk FTV ama Stripping sinetron)

jadi acara TV itu sebenernya ditentukan banget ama rating. ane yakin agan semua udah tau itu. Tapi tahukah agan gimana perhitungannya??

Rating di Indonesia itu dipegang ama lembaga survey Nielsen Media Research

nah, Nielsen ini ngelakuin surveynya di 10 kota besar di Indonesia
cukup mewakili?? tunggu gan, ini lanjutannya:

dari 10 kota besar yang di survey, diambil sample sebanyak 2273 rumah tangga responden (jadi kira kira per kota cuma 227,3 rumah tangga)

tiap rumah dipasangi alat untuk mengetahui program TV apa yang ditonton pada waktu apa.

nah, permasalahannya mulai dari sini..

agan semua tau kan siapa orang yang paling rajin nongkrongin TV di rumah??

Yap!! Pembantu dan Satpam!!

sehingga sebenarnya, acara yang kita liat sekarang itu ratingnya gede karena rajin ditonton pembantu ama satpam

"udah, lu gak usah repot repot nyiapin set, juga yang nonton cuman satpam ama pembantu" >> ini omongan salah satu sutradara FTV yang shooting di Bali waktu itu (kang Asep namanya > klo gak salah terakhir dia nyutradarain film layar lebarnya Ridho Rhoma)

trus ane juga sempat nanya ama temen yang kerja di Trans
"itu Bioskop TransTV ngapaen tengah malem ampe subuh gitu??"
jawabannya
"lu belagak bego apa gimana?? ya jelaslah gara gara kalah rating ama yang laen"

jujur aja, ane penikmat bioskop TransTV (itu salah satu dari sedikit banget acara yang masuk akal buat ane di TV > selain karena ane gak gitu suka bola)

trus ane juga pernah nany masalah film naga nagaan di Indosiar sama salah satu temen ane yang kebetulan doi orang 3d animasi yang sempat menang festival animasi di luar negeri, namanya Ibenk

"Benk, lu gak ada keinginan buat benerin tuh animasi di Indosiar??"
jawabannya:
"weh, mana ada duitnya bro, lu mau ngerjain animasi satu episode tapi cuman dibayar 2-3 jutaan??"

wah! di sana ane baru tau klo bayaran animator Indosiar itu begitu rendah (biasanya untuk iklan atau video klip, atau kerjaan ama orang asing, kita dibayar per detik hasil animasi). jadi wajarlah hasilnya amburadul gak jelas gitu.

sekali lagi, rating itu amat sangat menentukan siaran TV apa yang bakal kita liat. dan pertumbuhan masal anak alay belakangan ini (gak nyalahin juga, soalnya presidennya aja alay, apalagi rakyatnya) juga menentukan jenis siaran itu (liat YKS ama Dahsyat, yang tiap acara selalu dipenuhi tipe manusia macem ini)

jadi kesimpulannya:

rating >> menentukan acara
pembantu dan satpam +anak alay >> penentu rating
isi acara >> mengikuti rating
jadi:
isi acara >> selera pembantu dan satpam + anak alay
jelas??


Sumber : Mice cartoon

No comments:

Post a Comment

Your Comment is Our Order, Your Majesty